Nama : Mustika Wulandary
NIM : 11S10019
1.
Jelaskan
menurut anda apa tujuan komunikasi !
Jawab :
- Tujuan komunikasi adalah untuk mempermudah suatu kegiatan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
- Supaya yang kita sampaikan dapat mengerti, sebagai komunikator kita harus menjelaskan kepada komunikan (penerima) dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengakui apa yang kita maksud.
- Memahami orang lain. Kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan kemauannya.
- Supaya gagasan dapat diterima orang lain. Kita berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang lain dengan pendekatan persuasive bukan memaksakan kehendak. Misalnya kegiatan memberikan informasi mengenai hidup sehat tujuannya adalah supaya masyarakat mengikuti pola hidup sehat dan perilaku masyarakat akan positif terhadap pola hidup sehat atau mengikuti perilaku hidup sehat.
2.
Jelaskan
menurut saudara apa saja unsur-unsur komunikasi itu !
Jawab :
1.
Sumber (orang
yang memprakarsai komunikasi)
Sebelum
masuk ke dalam proses komunikasi dengan orang lain, di dalam pikiran pengirim
terjadi semacam rangsangan atau stimulus. Rangsangan itu dapat terjadi karena
faktor di luar dirinya maupun karena hasil pengolahan isi pikiran yang ada di
dalam benaknya. Peristiwa rangsangan dan pengolahan isi di dalam pikiran itu
menimbulkan kebutuhan pada diri pengirim dan mendorongnya untuk menyampaikan
perasaan atau gagasannya kepada orang lain.
2.
Pesan (pesan
yang disampaikan dalam komunikasi)
Pesan yang
dikomunikasikan adalah pesan yang berarti dan informatif. Anti dapat bersifat
material seperti bahan bangunan, ekonomis seperti produk atau jasa, estetis
seperti barang seni, etis seperti perbuatan amal kasih, atau religius seperti
doa. Informatif bila pesan itu mengandung peristiwa, data, fakta, atau
penjelasannya. Pesan itu disampaikan untuk menghibur, memberi inspirasi,
memberi informasi, meyakinkan atau mengajak untuk berbuat sesuatu. Agar dapat
diterima dengan baik dan mendatangkan basil yang diinginkan, entah secara
verbal atau nonverbal pesan itu dirumuskan dalam bentuk yang tepat,
disesuaikan, dipertimbangkan berdasarkan keadaan penerima, hubungan pengirim
dan penerima, dan dengan situasi waktu komunikasi dilakukan.
3.
Media (media
yang digunakan)
- Media lisan : pesan yang disampaikan melalui media lisan dapat dilaksanakan dengan menyampaikan sendiri (in person), melalui telpon. Penerima bias seorang diri, kelompok besar atau massa.
- Media tertulis : pesan yang disampaikan secara tertulis dapat disampaikan melalui surat, memo, poster, dan lain-lain.
- Media elektronik : pesan yang disampaikan secara elektronik dilakukan melalui e-mail, radio, dan televisi.
4.
Penerima (yang
menerima pesan)
Penerima
menerima pesan melalui indranya terutama telinga dan mata. Begitu menerima
kode, tanda, lambang, entah verbal maupun nonverbal, penerima membuka pinto
khazanah ingatan (memory) dalam benaknya. KumpuIan ingatan itu merupakan
akumulasi warisan budaya, asuhan, pendidikan, lingkungan, prasangka, dan
biasnya. Jika tidak terganggu oleh gangguan-gangguan komunikasi, berdasarkan ingatannya
itu, penerima dapat menafsirkan dan menerjemahkan pesan yang diterimanya.
5.
Konteks (kondisi
fisik, cultural dan psikologis)
Pada waktu
berkomunikasi dengan orang lain, kita tidak hanya mempertimbangkan isi dan cara
me-nyampaikan, tetapi juga situasi ketika komunikasi akan kita sampaikan.
6.
Efek (perubahan
perilaku / aksi reaksi dari penerima pesan)
7.
Gangguan (hambatan
yang dirasakan saat berkomunikasi)
Segala
sesuatu yang menghambat atau mengurangi kemampuan kita untuk mengirim dan
menerima pesan.
3.
Menurut
saudara bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi !
Jawab :
1.
Sumber
Meningkatkan
kredibilitas, dan terampil lagi dalam berkomunikasi melalui peningkatan etos,
patos dan logos
2.
Pesan
Menggunakan pesan
yang tepat dan terampil, mengulangi pesan yang disampaikan memperkuat dengan
bahasa isyarat. Contoh: Seorang dokter memberikan petunjuk minum obat pada
pasien : “Obatnya diminum 3 kali sehari ya” sambil menggerakkan tangan.
3.
Media
Media yang
cocok untuk digunakan.
4.
Penerima
Merancang segmen
/ sasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sumber, kesesuaian pesan,
kemudahan media.