MAKALAH
KONSEP-KONSEP DASAR
PSIKOLOGI
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah
Psikologi
OLEH :
NAMA : MUSTIKA WULANDARY
NIM : (11S10019)
MATA KULIAH :
PSIKOLOGI
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HUSADA BORNEO BANJARBARU
PRODI S1 GIZI
TAHUN AJARAN 2012/2013
HALAMAN PENGESAHAN
Karya
tulis ini beserta isinya dapat disetujui oleh Dosen Pembimbing Materi PSIKOLOGI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Borneo
Banjarbaru.
Banjarbaru, Maret 2012
Disetujui
:
Pembimbing
Materi PSIKOLOGI,
Dra. Diyah Anur Yani, M. Ap
1
HALAMAN MOTTO
MOTTO :
>>
Orang lain bisa, mengapa kita tidak bisa? Dan kita pun harus bisa dalam hal-hal
yang positif.
>>
Janganlah kalian haus dengan harta dunia melainkan hauslah dengan ilmu agama.
PESAN :
Jangan
berpikir “Apa yang harus aku dapat dan ambil manfaat dari orang lain”, Tetapi
berpikirlah “Apa yang bisa aku berikan kepada orang lain”. Dan “Jadikanlah diri
kita itu selalu dapat memberi manfaat kepada orang lain dalam kebaikan”.
2
HALAMAN PERSEMBAHAN
Dengan
ini saya persembahkan sebuah hasil karya tulis yang nantinya bisa berguna dan
bermanfaat bagi para pembaca.
3
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh,
Dengan
mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang selalu memberikan rahmat
kepada kita beserta karunia dan hidayah-Nya, sehingga penulis bisa
menyelesaikan makalah yang berjudul “Konsep-Konsep Dasar Psikologi”.
Akhir
kata, perkenankanlah saya mengutip pepatah lama yang berbunyi “Tak ada gading
yang tak retak, Tak ada mawar yang berduri”. Kiranya begitulah yang dapat saya
sampaikan. Oleh karena itu saya akan berupaya selalu terbuka dan seobjektif
mungkin terhadap kritik dan saran yang membangun guna perbaikan dan
kesempurnaan makalah ini,
Wassalaamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh,
Banjarbaru, Maret 2012
Penulis
4
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . 1
HALAMAN MOTTO . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
HALAMAN PERSEMBAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
KATA PENGANTAR
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
DAFTAR ISI
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
BAB I
: PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
A. Latar
Belakang Masalah . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
B. Perumusan
Masalah . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
C. Tujuan
Penulisan . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
D. Metode
Penulisan . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . 9
E.
Sistematika Penulisan . . . . . .. . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
BAB II :
PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .10
A. BELAJAR . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . .. . 10
A.1. Definisi Belajar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . 10
A.2. Teori-Teori Tentang Belajar . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . 13
B. BERPIKIR (THINKING) . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . .
. . . . . .. . . . . . . . .13
B.1. Definisi Berfikir . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . .
. . . . . . . . . . . .13
B.2. Karakteristik dan Proses Berfikir
. .. . . . . . . . . . . . . . . .
. .17
B.3. Problem Solving / Pemecahan
Masalah . . . . . . . . . . .
.. .21
C. INTELEGENSI . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 22
C.1. Definisi dan Ciri-Ciri
Intelegensi . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .22
C.2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intelegensi . . . . . . ..23
C.3. Intelegensi dan IQ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 25
C.4. Pengukuran Intelegensi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .25
C.5. Validitas dan Reabilitas Tes
Intelegensi . . . . . . . . . . . .
. 25
C.6. Intelegensi dan Bakat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 26
C.7. Intelegensi dan Kreativitas . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . .
. . . 26
C.8. Intelegensi Jenis Lain . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . ..28
5
D. MOTIVASI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .30
D.1. Definisi Motivasi . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .30
D.2. Teori-Teori Motivasi . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . 30
D.3. Prinsip-Prinsip Motivasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
.. . . . . 31
D.4. Motivasi Belajar . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
.31
D.5. Jenis-Jenis Motivasi Belajar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . 31
D.6. Ciri-Ciri Motivasi Belajar . . . . . .. . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .32
D.7. Fungsi Motivasi Belajar . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 32
D.8. Hal-Hal yang Mempengaruhi
Motivasi Belajar . . . . .. . . .32
D.9. Peran Motivasi dalam Mencapai
Keberhasilan Belajar . .33
D.10. Memperkuat Motif untuk Mencapai
Belajar . . . . . . . .. 33
BAB III :
PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
.. 34
A.
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . .34
B.
Saran-saran . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 34
DAFTAR PUSTAKA
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 35
BIOGRAFI PENULIS . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .37
6
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kehadiran
psikologi memiliki makna layaknya oase ditengah padang pasir yang
kering.Pemikiran psikologi yang berkembang dari pemikikiran positivisim
meninggalkan sejumlah pertanyaan mengenai nuansa etis dan transenden yang
kering.Ini berawal dari paradigma aliran-aliran dalam psikologi Barat yang
memandang manusia di penuhi lubido dan kehendak bawah sadar atau hanya sekedar
reflex dari respons dan stimulus serta kebebasan mutlak dalam bereksistensi
menjadi manusia tanpa keterkaitan transenden dengan Tuhan.
Dalam
kehidupan, sering didapatkan banyak manusia yang melakukan pekerjaan dengan
gigih, dan banyak pula yang santai, bahkan tidak sedikit yang tidak berbuat
apapun. Dengan demikian, manusia berbeda-beda dalam melewati setiap detik dalam
kehidupannya. Perbedaan perilaku manusia dalam menyikapi waktu tersebut
merupakan gejala-gejala kejiwaan yang menarik perhatian. Di satu waktu,
dijumpai seorang petani bermandikan keringat mencangkul sawahnya dari pagi
sampai petang. Di tempat lain, didapati ibu-ibu rumah tangga yang berkumpul
hanya untuk “ngerumpi”. Di saat yang sama, ada pemuda pengangguran yang hanya
duduk-duduk merenungi nasib.
Belajar,
Berfikir, intelegensi, dan motivasi apabila kita menelaah dari barbagai buku
maka akan terdapat pengertian yang berbeda-beda, tergantung dari jenis
sumbernya dan yang merumuskan pengertian tersebut, disamping juga disebabkan
adanya wawasan dan cara berfikir yang berbeda, meski para ahli mempunyai
pengertian masing-masing tetapi pengertian itu hanya berbeda dari sudut pandang
mereka.
Jadi
mempelajari cara belajar, berfikir, intelegensi, dan motivasi sangat penting
bagi setiap orang karena akan sangat terasa betapa pentingnya pengetahuan
tentang belajar, berfikir inteligensi dan motivasi itu. Maka tidak heran jika
semua orang ingin mempelajari cara belajar, berfikir, intelegensi dan movitasi
yang baik.
Secara
psikologis ada persoalan yang harus dipecahkan, kenapa dalam satu waktu ada
orang yang bekerja seperti petani, dan ibu-ibu rumah tangga yang santai, ada
pemuda yang terbuai dalam lamunan. Mengapa mereka melakukan perbuatan-perbuatan
itu?
7
Dari sudut pandang psikologis,
pertanyaan-pertanyaan di atas mempersoalkan tentang sebab atau mengapa sebuah
perilaku itu dilakukan. Dalam kajian psikologi, sesuatu yang terdapat dibalik
dilakukannya sebuah sikap atau perilaku manusia adalah sesuatu yang dikenal
dengan istilah motivasi.
Dorongan
yang dating dari dalam untuk berbuat itu yang disebut motif. Motif berasal dari
bahasa latin movere yang berarti bergerak atau to move (Branca, 1964). Karena itu
motif diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri organisme yang
mendorong untuk berbuat atau merupakan driving force. Motif sebagai pendorong
pada umumnya tidak berdiri sendiri, tetapi saling kait-mengait dengan factor
lain. Hal-hal yang dapat mempengaruhi motif disebut motivasi.
Kalau
seseorang ingin mengetahui mengapa orang berbuat atau berperilaku kearah
sesuatu seperti yang dikerjakan, maka orang tersebut akan terkait dengan
motivasi atau perilaku yang termotivasi. Motivasi merupakan keadaan dalam diri
individu atau organisme yang mendorong perilaku kearah tujuan. Dengan demikian
dapat dikemukakan bahwa motivasi itu mempunyai tiga aspek, yaitu sebagai
berikut:
1) Keadaan terdorong dalam diri organisme (a driving state), yaitu kesiapan bergerak karena kebutuhan misalnya kebutuhan jasmani, karena keadaan lingkungan, atau karena keadaan mental seperti berfikir dan ingatan.
2) Perilaku yang timbul dan terarah karena keadaan ini.
3) Goal atau tujuan yang dituju oleh perilaku tersebut.
1) Keadaan terdorong dalam diri organisme (a driving state), yaitu kesiapan bergerak karena kebutuhan misalnya kebutuhan jasmani, karena keadaan lingkungan, atau karena keadaan mental seperti berfikir dan ingatan.
2) Perilaku yang timbul dan terarah karena keadaan ini.
3) Goal atau tujuan yang dituju oleh perilaku tersebut.
B. Perumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan belajar?
2. Apa saja teori-teori tentang belajar?
3. Apakah yang dimaksud dengan berpikir?
4. Bagaimana karakteristik dan proses berpikir?
5. Bagaimana problem salving / pemecahan
masalahnya?
6. Apa definisi dan cirri-ciri intelegensi?
7. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
intelegensi?
8. Bagaimana cara mengukur intelegensi?
9. Apa yang dimaksud dengan validitas dan
reabilitas intelegensi?
10. Bagaimana hubungan intelegensi dengan IQ,
intelegensi dengan bakat, intelegensi dengan kreativitas, dan intelegensi jenis
lain?
11. Apa yang dimaksud dengan motivasi?
12. Apa saja teori-teori dan prinsip-prinsip
motivasi?
13. Apa yang dimaksud dengan motivasi belajar?
8
14. Apa saja jenis-jenis, ciri-ciri, fungsi, dan
hal-hal yang mempengaruhi motivasi belajar?
15. Bagaimana peran motivasi dalam mencapai
keberhasilan belajar?
16. Hal apa saja yang memperkuat motif untuk
mencapai belajar?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan belajar, berfikir, intelegensi,
motivasi adalah :
1. Menjelaskan pengertian belajar, berfikir,
inteligensi, dan motivasi.
2. Untuk membantu penulis dan pembaca agar lebih
bijaksana dalam berfikir, mengatur kecerdasan.
3. Belajar, Berfikir, inteligensi, dan motivasi
sangat dibutuhkan oleh setiap manusia.
D. Metode Penulisan
Dalam
penulisan karya tulis ini penulis menggunakan metode Library (perpustakaan) dan
pengambilan bahan lewat internet, serta menjelaskan pembahasan berdasarkan
Literator-literator dan contoh-contoh yang relevan dan mudah dipahami.
E. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ini penulis menyusun Bab demi
Bab, sebagai berikut :
BAB I
: PENDAHULUAN, berisikan : Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Metode Penulisan, Tujuan Penulisan, Sistematika Penulisan
BAB II : PEMBAHASAN, berisikan : Definisi Belajar, Teori-Teori Tentang
Belajar, Definisi Berfikir Karakteristik dan Proses Berfikir, Problem Solving /
Pemecahan Masalah, Definisi dan Ciri-Ciri Intelegensi, Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Intelegensi, Intelegensi dan IQ, Pengukuran Intelegensi, Validitas
dan Reabilitas Tes Intelegensi, Intelegensi dan Bakat, Intelegensi dan
Kreativitas, Intelegensi Jenis Lain, Definisi Motivasi, Teori-Teori Motivasi,
Prinsip-Prinsip Motivasi, Motivasi Belajar, Jenis-Jenis Motivasi Belajar,
Ciri-Ciri Motivasi Belajar, Fungsi Motivasi Belajar, Hal-Hal yang Mempengaruhi
Motivasi Belajar, Peran Motivasi dalam Mencapai Keberhasilan Belajar,
Memperkuat Motif untuk Mencapai Belajar.
BAB III : PENUTUP, berisikan : Kesimpulan dan Saran
9
BAB II
PEMBAHASAN
Konsep-konsep
dasar dalam psikologi ada 4(empat), yaitu : Belajar, Berfikir, Intelegensi, dan
Motivasi.
A. BELAJAR
A.1
Definisi Belajar
Belajar
adalah suatu proses perubahan tingkah laku. Perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik,
tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada
tingkah laku yang lebih buruk. Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi
melalui latihan atau pengalaman, dimana perubahan itu harus relative mantap. Pengetahuan,
kemampuan dan kompetensi didapat dari proses belajar.
·
Faktor-faktor
yang mempengaruhi belajar :
Secara
garis besar, Suryabrata (1989) menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
belajar dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
1. Faktor-faktor yang berasal dari
dalam diri pemelajar, yang meliputi factor
- faktor fisiologis dan faktor-faktor psikologis.
2. faktor-faktor yang berasal dari
luar diri pemelajar, yang meliputi faktor-faktor sosial dan faktor-faktor non
sosial.
ü Faktor-faktor fisiologis yang mempengaruhi
belajar mencakup dua hal, yaitu:
1.
Keadaan tonus jasmani pada umumnya.
Keadaan
tonus jasmani berpengaruh pada kesiapan
dan aktivitas belajar. Orang yang
keadaan jasmaninya segar akan siap dan
aktif dalam belajarnya, sebaliknya orang yang keadaan jasmaninya lesu dan lelah
akan mengalami kesulitan untuk menyiapkan diri dan melakukan aktivitas belajar.
2.
Keadaan fungsi-fungsi fisiologis tertentu.
10
Keadaan
fungsi-fungsi fisiologis tertentu, terutama kesehatan panca indera akan mempengaruhi
belajar.
ü Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi
belajar antara lain mencakup:
1.
Minat
Adanya
minat terhadap objek yang di pelajari akan mendorong orang untuk mempelajari
sesuatu dan mencapai hasil belajar yang maksimal.
2.
Motivasi
Motivasi
belajar seseorang akan menentukan hasil belajar yang dicapainya.
3.
Inteligensi
Merupakan
modal utama dalam melakukan aktivitas belajar dan mencapai hasil belajar yang
maksimal.
4.
Memori
Kemapuan
merekam, menyimpan dan mengungkapkan kembali apa yang telah dipelajari akan
sangat membantu dalam proses belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih
baik.
5.
Emosi
Emosi
yang positif akan sangat membantu kerja saraf otak untuk “merekatkan” apa yang dipelajari
kedalam memori.
ü Faktor-faktor sosial yang mempengaruhi belajar
meliputi orang tua, guru dan teman-teman atau orang-orang disekitar lingkungan
belajar.
ü Faktor non sosial yang mempengaruhi belajar
merupakan faktor-faktor luar yang bukan faktor manusia yang mempengaruhi proses
dan hasil belajar, diantaranya keadaan udara, suhu dan cuaca, waktu, tempat dan
alat-alat atau perlengkapan belajar.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
belajar, juga dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu:
1.
Faktor-Faktor Stimulus Belajar
Yang
dimaksud dengan stimulus belajar disini yaitu segala hal diluar individu itu
untuk mengadakan reaksi atau perbuatan belajar. Stimulus dalam hal ini mencakup
material, penugasan, serta suasana lingkungan eksternal yang harus diterima
dipelajari oleh pelajar.
11
Berikut
ini hal yang berhubungan dengan factor stimulus belajar :
a) Panjangnya
b) bahan pelajaran,
c) kesulitan bahan pelajaran,
d) berartinya bahan pelajaran,
e) berat ringannya tugas, dan
f) suasana lingkungan eksternal.
2.
Faktor-Faktor Metode Belajar
Metode
mengajar yang dipakai oleh pengajar samgat mempengaruhi metode yang dipakai
oleh pelajar. Dengan perkataan lain metode yang dipakai pengajar menimbulkan
perbedaan yang berarti bagi proses belajar.
Faktor
-faktor metode belajar menyangkut hal berikut :
a) kegiatan berlatih atau praktek,
b) overlearning dan drill,
c) resitasi selama belajar,
d) pengenalan tentang hasil-hasil belajar,
e) belajar
dengan 11 keseluruhan dan dengan bagian-bagian,
f) penggunaan modalitas indra,
g) bimbingan dalam belajar, dan
h) kondisi-kondisi insentif.
3.
Faktor-Faktor Individual
Faktor-faktor
individual sangat besar pengaruhnya terhadap belajar seseorang.
Faktor-faktor tesrsebut antara lain:
a) kematangan,
b) faktor usia kronologis,
c) faktor perbedaan jenis kelamin,
d) pengalaman sebelumnya,
e) kapasitas mental,
f) kondisi kesehatan jasmani,
g) kondisi kesehatan rohani,
h) motivasi.
12
A.2 Teori-teori Tentang Belajar
Dalam
perkembangannya, peristiwa belajar dapat ditinjau dari perspektif yang
berbeda-beda. Peristiwa belajar tersebut dibedakan menurut teori belajar, diantaranya
teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif dan teori belajar
humanistic.
1. Teori behavioristik
Teori
behavioristik mengemukakan bahwa manusia
akan belajar dan mengalami proses belajar apabila proses pembelajaran tersebut
dikondisikan. Teori belajar behavioristik dikemukakan oleh E.L. Thordike, Ivan
Pavlov dan B.F.Skinner.
2. Teori belajar kognitif
Ahli-ahli
teori belajar kognitif berpendapat bahwa belajar adalah hasil dari usaha untuk
dapat mengerti dunia. Caranya kita berfikir tentang situasi, sama baiknya kita
berfikir tentang kepercayaan, harapan,m dan perasaan yang akan mempengaruhi
bagaimana dan apa yang kita pelajari. Teori belajar kognitif di kemukakan oleh
Jerome Bruner, David Ausubel dan Robert Gagne.
3.
Teori belajar humanistic
Ahli-ahli
teori belajar humanistic berpendapat bahwa belajar dipengaruhi oleh bagaimana
para peserta didik berfikir dan bertindak, teori tersebut juga dipengaruhi dan diarahkan oleh arti pribadi
dan perasaan-perasaan mereka ambil dari pengalaman belajar mereka. Teori
belajar humanistic di kemukakan oleh Maslow dan Rogers.
B. BERPIKIR (THINKING)
B.1
Definisi Berpikir
Definisi
yang paling umum dari berfikir adalah berkembangnya ide dan konsep (Bochenski,
dalam Suriasumantri (ed), 1983:52) di dalam diri seseorang. Perkembangan ide
dan konsep ini berlangsung melalui proses penjalinan hubungan antara
bagian-bagian informasi yang tersimpan di dalam diri seseorang yang berupa
pengertian-pengertian. “Berpikir” mencakup banyak aktivitas mental. Kita
berpikir saat memutuskan barang apa yang akan kita beli di toko. Kita berpikir
saat melamun sambil menunggu kuliah pengantar psikologi dimulai. Kita berpikir
saat mencoba memecahkan ujian yang diberikan di kelas. Kita berpikir saat
menulis artikel, menulis makalah, menulis surat, membaca buku, membaca koran,
merencanakan liburan, atau mengkhawatirkan suatu persahabatan yang terganggu.
13
Berpikir
adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak. Walaupun tidak bisa
dipisahkan dari aktivitas kerja otak, pikiran manusia lebih dari sekedar kerja
organ tubuh yang disebut otak. Kegiatan
berpikir juga melibatkan seluruh pribadi manusia dan juga melibatkan perasaan
dan kehendak manusia. Memikirkan sesuatu berarti mengarahkan diri pada obyek
tertentu, menyadari secara aktif dan menghadirkannya dalam pikiran kemudian
mempunyai wawasan tentang obyek tersebut.
Berpikir
juga berarti berjerih-payah secara mental untuk memahami sesuatu yang dialami
atau mencari jalan keluar dari persoalan yang sedang dihadapi. Dalam berpikir
juga termuat kegiatan meragukan dan memastikan, merancang, menghitung,
mengukur, mengevaluasi, membandingkan, menggolongkan, memilah-milah atau membedakan,
menghubungkan, menafsirkan, melihat kemungkinan-kemungkinan yang ada, membuat
analisis dan sintesis menalar atau menarik kesimpulan dari premis-premis yang
ada, menimbang, dan memutuskan.
Secara
sederhana, berpikir adalah memproses informasi secara mental atau secara
kognitif. Secara lebih formal, berpikir adalah penyusunan ulang atau manipulasi
kognitif baik informasi dari lingkungan maupun simbol-simbol yang disimpan
dalam long term memory. Jadi, berpikir adalah sebuah representasi simbol dari
beberapa peristiwa atau item (Khodijah,
2006:117). Sedangkan menurut Drever (dalam Walgito, 1997 dikutip Khodijah,
2006:117) berpikir adalah melatih ide-ide dengan cara yang tepat dan seksama
yang dimulai dengan adanya masalah. Solso (1998 dalam Khodijah, 2006:117)
berpikir adalah sebuah proses dimana representasi mental baru dibentuk melalui
transformasi informasi dengan interaksi yang komplek atribut-atribut mental
seperti penilaian, abstraksi, logika, imajinasi, dan pemecahan masalah.
Dari
pengertian tersebut tampak bahwa ada tiga pandangan dasar tentang berpikir,
yaitu :
1. berpikir adalah kognitif, yaitu
timbul secara internal dalam pikiran tetapi dapat diperkirakan dari perilaku,
2. berpikir merupakan sebuah proses yang
melibatkan beberapa manipulasi pengetahuan dalam sistem kognitif, dan
3. berpikir diarahkan dan menghasilkan
perilaku yang memecahkan masalah atau diarahkan pada solusi.
14
Biasanya
kegiatan berpikir dimulai ketika muncul keraguan dan pertanyaan untuk dijawab
atau berhadapan dengan persoalan atau masalah yang memerlukan pemecahan.
Charles S. Pierce mengemukakan bahwa bahwa dalam berpikir ada dinamika gerak
dari adanya gangguan suatu keraguan (irritation of doubt) atas kepercayaan atau keyakinan yang selama
ini dipegang, lalu terangsang untuk melakukan penyelidikan (inquiry) kemudian
diakhiri dengan pencapaian suatu keyakinan baru.
Kegiatan
berpikir juga dirangsang oleh kekaguman dan keheranan dengan apa yang terjadi
atau dialami. Dengan demikian, kegiatan berpikir manusia selalu tersituasikan
dalam kondisi konkret subyek yang bersangkutan.
Kegiatan
berpikir juga dikondisikan oleh stuktur bahas yang dipakai serta konteks
sosio-budaya dan historis tempat kegiatan berpikir dilakukan (Sudarminta,
2000). Sebagai contoh pertama, yaitu obyek yang ingin diketahui sudah tertentu.
Yang harus disadari adalah obyek tersebut tidak pernah sederhana. Biasanya,
obyek itu sangat rumit. Mungkin mempunyai beratus-ratus segi, aspek,
karakteristik, dan sebagainya. Pikiran kita tidak mungkin untuk mencakup semuanya dalam suatu ketika. Dalam upaya
untuk mengenal benar-benar obyek semacam
itu, seseorang harus dengan rajin memperhatikan semua seginya, menganalisis obyek tersebut dari
berbagai pendirian yang berbeda.
Kesemuanya
ini adalah berpikir (Bochenski, dalam Suriasumantri, 1999:52-53). Perbedaan
dalam cara berpikir dan memecahkan masalah merupakan hal nyata dan penting.
Perbedaan itu mungkin sebagian disebabkan oleh faktor pembawaan sejak lahir dan
sebagian lagi berhubungan dengan taraf kecerdasan seseorang. Namun, jelas bahwa
proses keseluruhan dari pendidikan formal dan pendidikan informal sangat
mempengaruhi gaya berpikir seseorang di kemudian hari, disamping mempengaruhi pula
mutu pemikirannya (Leavitt, 1978).
Plato
beranggapan bahwa berpikir adalah berbicara dalam hati. Sehubungan dengan pendapat
Plato ini, ada yang berpendapat bahwa berpikir adalah aktivitas ideasional
(Woodworth dan Marquis, dalam Suryabrata, 1995:54). Pada pendapat ini
dikemukakan dua kenyataan, yakni:
1. Berpikir adalah aktivitas; jadi
subyek yang berpikir aktif.
2. Aktivitas bersifat ideasional; jadi
bukan sensoris dan bukan motoris, walaupun dapat disertai oleh kedua hal itu;
berpikir menggunakan abstraksi-abstraksi atau “ideas”.
15
Piaget
menciptakan teori bahwa bahwa cara berpikir logis berkembang secara bertahap,
kira-kira pada usia dua tahun dan pada
sekitar tujuh tahun. Menurut Piaget, cara berpikir anak-anak sama sekali tidak
seperti cara berpikir orang dewasa.Pikiran anak-anak tampaknya diatur berlainan
dengan orang yang lebih besar. Anak-anak kelihatannya memecahkan persoalan pada
tingkatan yang sama sekali berbeda. Perbedaan anak-anak yang lebih kecil dan
lebih besar tidak terlalu berkaitan dengan persoalan bahwa anak yang lebih
besar mempunyai pengetahuan yang lebih banyak, melainkan karena pengetahuan
mereka berbeda jenis, dengan penemuan ini Piaget mulai mengkaji perkembangan
stuktur mental.
Berikut
tahapan-tahapan perkembangan menurut Piaget:
1.
Tahap sensorimotor
Berlangsung
dari kelahiran hingga usia 2 tahun. Pada tahap ini, bayi membangun suatu
pemahaman tentang dunia dengan mengkoordinasikan pengalaman-pengalaman sensor
(seperti melihat dan mendengar) dengan tindakan-tindakan motorik fisik, yang
disebut dengan sensorimotor. Pada permulaan tahap ini, bayi yang baru lahir
memiliki sedikit lebih banyak daripada pola-pola refleks.
2.
Tahap praoperasional
Berlangsung
kira-kira dari usia 2 tahun hingga 7 tahun. Pada tahap ini, anak-anak mulai
melukiskan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar. Pemikiran simbolis
melampaui hubungan sederhana antara informasi sensor dan tindakan fisik. Akan
tetapi, walaupun anak-anak prasekolah dapat secara simbolis melukiskan dunia,
menurut Piaget, mereka masih belum mampu untuk melaksanakan apa yang disebut
“operasi”-tindakan mental yang diinternalisasikan yang memungkinkan anak-anak
melakukan secara mental apa yang sebelumnya dilakukan secara fisik.
3.
Tahap operasional konkret
Berlangsung
kira-kira dari usia 7-11 tahun. Pada tahap ini anak-anak dapat melaksanakan
operasi, dan penalaran logis menggantikan pemikiran intuitif sejauh pemikiran
dapat diterapkan ke dalam contoh-contoh yang spesifik atau konkret. Misalnya,
pemikiran operasional konkret tidak dapat membayangkan langkah-langkah yang
diperlukan untuk menyelasaikan suatu permasalahan aljabar, yang terlalu abstrak
untuk dipikirkan pada tahap perkembangan ini.
16
4.
Tahap operasional formal
Tampak
dari usia 11-15 tahun. Pada tahap ini individu melampaui dunia nyata,
pengalaman-pengalaman konkret dan berpikir secara abstrak dan lebih logis.
Sebagai bagian dari pemikiran yang lebih abstrak, anak-anak remaja
mengembangkan gambaran keadaan yang ideal. Mereka dapat berpikir seperti apakah
orang tua yang ideal dan membandingkan orang tua mereka dengan standard ideal
ini. Mereka mulai mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan bagi masa depan dan
terkagum-kagum terhadap apa yang dapat mereka lakukan. Dalam memecahkan
masalah, pemikir operasional formal ini lebih sistematis, mengembangkan
hipotesis tentang mengapa sesuatu terjadi seperti itu, kemudian menguji
hipotesis ini dengan cara deduktif.
B.2 Karakteristik dan Proses Berpikir
Ø Macam – macam Berpikir
Berpikir
banyak sekali macamnya. Banyak para ahli yang mengutarakan pendapat mereka.
Berikut ini akan dijelaskan macam-macam berpikir, yaitu :
1. Berpikir alamiah adalah pola penalaran yang berdasarkan
kebiasaan sehari-hari dari pengaruh alam sekelilingnya, misal; penalaran
tentang panasnya api yang dapat membakar jika dikenakan kayu pasti kayu
tersebut akan terbakar.
2. Berpikir ilmiah
adalah pola penalaran berdasarkan sarana tertentu secara teratur dan cermat,
misal; dua hal yang bertentangan penuh tidak dapat sebagai sifat hal tertentu
pada saat yang sama dala satu kesatuan.
3. Berpikir autistic. Contoh berpikir autistik antara lain adalah mengkhayal, fantasi atau
wishful thinking. Dengan berpikir autistik seseorang melarikan diri dari
kenyataan, dan melihat hidup sebagai gambar-gambar fantastis.
4. Berpikir realistic adalah berpikir dalam rangka menyesuaikan diri dengan dunia nyata,
biasanya disebut dengan nalar (reasoning). Floyd L. Ruch (1967) menyebutkan ada
tiga macam berpikir realistik, antara lain :
a. Berpikir Deduktif
Deduktif merupakan sifat deduksi. Kata deduksi
berasal dari kata Latin deducere (de berarti ‘dari’, dan kata ducere berarti ‘mengantar’, ‘memimpin’).
Dengan demikian kata deduksi yang diturunkan dari kata itu berarti ‘mengantar
dari satu hal ke hal lain’. Sebagai suatu istilah dalam penalaran, deduksi
merupakan proses berpikir (penalaran) yang bertolak dari proposisi yang sudah
ada, menuju proposisi baru yang berbentuk
17
kesimpulan
(Keraf, 1994:57).
b.
Berpikir Induktif
Induktif artinya bersifat induksi. Sinduksi adalah proses berpikir yang
bertolak dari satu atau sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu
kesimpulan (inferensi). Proses penalaran ini mulai bergerak dari penelitian dan
evaluasi atas fenomena-fenomena yang ada. Karena semua fenomena harus diteliti
dan dievaluasi terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh ke proses penalaran
induktif, proses penalaran itu juga disebut sebagai corak berpikir ilmiah.
Namun, induksi tidak akan banyak manfaatnya jika tidak diikuti oleh proses
berpikir deduksi.
Berpikir induktif ialah menarik suatu
kesimpulan umum dari berbagai kejadian (data) yang ada di sekitarnya. Dasarnya
adalah observasi. Proses berpikirnya adalah sintesis. Tingkatan berpikirnya
adalah induktif. Jadi jelas, pemikiran semacam ini mendekatkan manusia pada
ilmu pengetahuan. Tepat atau tidaknya kesimpulan (cara berpikir) yang diambil
secara induktif ini terutama bergantung pada representatif atau tidaknya sampel
yang diambil, yang mewakili fenomena keseluruhan. Makin besar jumlah sampel
yang diambil, makin representatif dan makin besar taraf validitas dari
kesimpulan itu, demikian juga sebaliknya. Taraf validitas kebenaran kesimpulan
itu masih ditentukan pula oleh obyektivitas dari si pengamat dan homogenitas
dari fenomena-fenomena yang diselidiki (Purwanto, 1998:47-48).
c. Berpikir Evaluatif
Berpikir evaluatif ialah berpikir kritis,
menilai baik-buruknya, tepat atau tidaknya suatu gagasan. Dalam berpikir
evaluatif, kita tidak menambah atau mengurangi gagasan. Kita menilainya menurut
kriteria tertentu (Rakhmat, 1994). Perlu diingat bahwa jalannya berpikir pada
dasarnya ditentukan oleh berbagai macam faktor. Suatu masalah yang sama mungkun
menimbulkan pemecahan yang berbeda-beda pula. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi jalannya berpikir itu antara lain, yaitu bagaimana seseorang
melihat atau memahami masalah tersebut, situasi yang tengah dialami seseorang
dan situasi luar yang dihadapi, pengalaman-pengalaman orang tersebut, serta
bagaimana intelegensi orang itu.
Selain jenis-jenis berpikir yang telah
disebutkan di atas, masih adapendapat lain dari beberapa ahli, yaitu :
18
a.
Morgan dkk. (1986, dalam Khodijah, 2006: 118) membagi dua jenis
berpikir, yaitu;
► Berpikir autistik (autistic thinking) yaitu proses berpikir
yang sangat pribadi menggunakan simbol-simbol dengan makna yang sangat pribadi,
contohnya mimpi.
►Berpikir langsung (directed thinking) yaitu berpikir untuk memecahkan masalah.
b.
Menurut Kartono (1996, dalam Khodijah, 2006:118) ada enam pola berpikir,
yaitu :
►
Berpikir konkrit, yaitu berpikir dalam dimensi ruang, waktu, dan tempat
tertentu.
►
Berpikir abstrak, yaitu berpikir dalam ketidakberhinggaan, sebab bisa
dibesarkan atau disempurnakan keluasannya.
►
Berpikir klasifikatoris, yaitu berpikir menganai klasifikasi atau pengaturan
menurut kelas-kelas tingkat tertentu.
►Berpikir
analogis, yatiu berpikir untuk mencari hubungan antarperistiwa atas dasar
kemiripannya
►
Berpikir ilmiah, yaitu berpikir dalam hubungan yang luas dengan pengertian yang
lebih komplek disertai pembuktian-pembuktian.
►
Berpikir pendek, yaitu lawan berpikir ilmiah yang terjadi secara lebih cepat,
lebih dangkal dan seringkali tidak logis.
c.
Menurut De Bono (1989 dalam Khodijah, 2006:119) mengemukakan dua tipe
berpikir, sebagai berikut:
►
Berpikir vertikal, (berpikir konvergen) yaitu tipe berpikir tradisional dan
generatif yang bersifat logis dan matematis dengan mengumpulkan dan menggunakan
hanya informasi yang relevan.2.
►
Berpikir pendek Berpikir lateral (berpikir divergen) yaitu tipe berpikir
selektif dan kreatif yang menggunakan informasi bukan hanya untuk kepentingan
berpikir tetapi juga untuk hasil dan dapat menggunakan informasi yang tidak relevan
atau boleh salah dalam beberapa tahapan untuk mencapai pemecahan yang
tepat.
19
Ø Proses Berpikir
Proses atau jalannya berpikir itu pada
pokoknya ada empat langkah, yaitu :
a.
Pembentukan Pengertian
Pengertian
atau lebih tepatnya disebut pengertian logis di bentuk melalui tiga tingkatan,
sebagai berikut:
►
Menganalisis ciri-ciri dari sejumlah obyek yang sejenis. Obyek tersebut kita
perhatikan unsur - unsurnya satu demi
satu. Kita ambil manusia dari berbagai bangsa lalu kita analisa ciri-ciri
misalnya, manusia Indonesia, ciri - cirinya: makhluk hidup, berbudi, berkulit
sawo matang, berambut hitam, dan untuk manusia Eropa, ciri-cirinya: mahluk
hidup, berbudi, berkulit putih, berambut pirang atau putih, bermata biru
terbuka.
►
Membanding-bandingkan ciri tersebut untuk diketemukan ciri - ciri mana yang
sama, mana yang tidak sama, mana yang selalu ada dan mana yang tidak selalu ada
mana yang hakiki dan mana yang tidak hakiki.
►
Mengabstraksikan, yaitu menyisihkan, membuang, ciri-ciri yang tidak hakiki,
menangkap cirri-ciri yang hakiki. Pada contoh di atas ciri - ciri yang hakiki
itu ialah: Makhluk hidup yang berbudi.
b.
Pembentukan Pendapat
Yaitu
menggabungkan atau memisah beberapa pengertian menjadi suatu tanda yang khas
dari masalah itu. Pendapat dibedakan menjadi tiga macam:
1. Pendapat Afirmatif (positif), yaitu
pendapat yang secara tegas menyatakan sesuatu, misalnya si Ani itu rajin, si
Totok itu pandai, dsb.
2. Pendapat Negatif, yaitu pendapat yang
secara tegas menerangkan tidak adanya sesuatu sifat pada sesuatu hal, misalnya
si Ani tidak marah, si Totok tidak bodoh, dsb.
3. Pendapat Modalitas (kebarangkalian),
yaitu pendapat yang menerangkan kemungkinan-kemungkinan sesuatu sifat pada
suatu hal, misalnya hari ini mungkin hujan, si Ali mungkin tidak datang, dsb.
c. Pembentukan Keputusan, yaitu
menggabung-gabungkan pendapat tersebut. Keputusan adalah hasil perbuatan akal untuk membentuk pendapat baru
berdasarkan pendapat-pendapat yang telah ada. Ada tiga macam keputusan, yaitu:
20
1. Keputusan dari pengalaman-pengalaman,
misalnya: kemarin paman duduk dikursi yang
panjang, masjid dikota kami disebelah alun-alun, dsb.
2. Keputusan dari tanggapan-tanggapan,
misalnya: anjing kami menggigit seorang kusir, sepeda saya sudah tua, dsb.
3. Keputusan dari pengertian-pengertian,
misalnya: berdusta adalah tidak baik, bunga itu indah, dsb.
d.
Pembentukan Kesimpulan, yaitu menarik keputusan dari keputusan-keputusan
yang lain.
B.3
Problem Solving / Pemecahan Masalah
Problem
Solving atau Pemecahan Masalah adalah kemampuan berpikir yang utama karena hal
itu meliputi cara berpikir yang lainnya: berpikir kreatif dan analitis untuk
pembuatan keputusan.
1. Berpikir Kreatif, adalah berpikir
yang memberikan perspektif baru atau menangkap peluang baru sehingga
memunculkan ide-ide baru yang belum pernah ada. Kreatif tidak hanya demikian
tetapi kreatif juga sebuah kombinasi baru yaitu kumpulan gagasan baru hasil
dari gagasan-gagasan lama.menggabungkan beberapa gagasan menjadi sebuah ide
baru yang lebih baik.
2. Berpikir Analitis, adalah berpikir
yang menggunakan sebuah tahapan atau langkah-langkah logis. Langkah berpikir
analitis ialah dengan menguji sebuah pernyataan atau bukti dengan standar
objektif, melihat bawah permukaan sampai akar-akar permasalahan, menimbang atau
memutuskan atas dasar logika.
Kedua
cara ini tidak saling bertentangan, tetapi saling melengkapi sesuai konteksnya.
Sebagai contoh Anda perlu berpikir kreatif dalam memecahkan sebuah persoalan,
namun anda juga perlu berpikir Analitis untuk memutuskan mana yang terbaik
diantara kemungkinan kreatif anda.
ü PROSES PEMECAHAN MASALAH
1. Penafsiran Masalah : Disebut juga
dengan mendefinisikan masalah dengan cara berpikir kreatif.
2. Strategi Pemecahan Masalah : Membuat
seleksi terhadap strategi pemecahan masalah yang terbaik .
**BEBERAPA STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
YANG SERING DIGUNAKAN
1.
Trial and error : Makan waktu yang lama (STM)
21
2. Informational Retrieval : Yaitu mendapatkan
kembali informasi untuk pemecahan masalah dengan cepat (LTM)
3.
Algoritma : Yaitu suatu metode pemecahan masalah
yang menjamin suatu pemecahan masalah jika tersdia kesempatan bagi seseorang
untuk mengembangkannya.
4.
Heuristic : Yaitu membantu untuk menyederhanakan
masalah, dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu. Ada empat metode Heuristic
yaitu:
ü Hill Climbing Suatu stategi Heuristic
dimana setiap langkah menggerakkan secara progersif untuk lebih dekat pada
tujuan akhir.
ü Subgoals yaitu Metode pemecahan suatu
masalah dengan menjadikannya lebih kecil atau menjadi bagian-bagian,
dimana-mana masing-masing tersebut bertujuan untuk mempermudah pemecahan.
ü Mean and Analysis yaitu Suatu stategi
Heuristic yang sasarannya untuk mengurangi perbedaan antara situasi yang
terjadi dengan tujuan yang diinginkan melalui perantara suatu cara.
ü Working Backward yaitu Suatu stategi
Heuristic dimana kita harus bergerak mundur dari tujuan kita dalam keadaan-keadaan
tertentu.
C. INTELEGENSI
C.1 Definisi dan Ciri-ciri Intelegensi
ü Definisi intelegensi
Claparde
dan Stern mengatakan bahwa intelegensi
adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri secara mental terhadap situasi atau
kondisi baru. K. Buhler mengatakan bahwa intelegensi adalah perbuatan yang
disertai dengan pemahaman atau pengertian. David Wechster (1986). Definisinya
mengenai intelegensi mula-mula sebagai kapasitas untuk mengerti ungkapan dan
kemauan akal budi untuk mengatasi tantangan-tantangannya. Namun di lain
kesempatan ia mengatakan bahwa intelegensi adalah kemampuan untuk bertindak
secara terarah, berfikir secara rasional dan menghadapi lingkungannya secara
efektif.
William
Stern mengemukakan batasan sebagai berikut: intelegensi ialah kesanggupan untuk
menyesuaikan diri kepada kebutuhan baru, dengan menggunakan alat-alat berfikir
yang sesuai dengan tujuannya.William Stern berpendapat bahwa intelegensi
sebagian besar tergantung dengan dasar dan turunan,pendidikan atau lingkungan
tidak begitu berpengaruh kepada intelegensi seseorang.
Dari
batasan yang dikemukakan di atas, dapat kita ketahui bahwa:
22
1. Intelegensi itu ialah faktor total
berbagai macam daya jiwa erat bersangkutan di dalamnya (ingatan, fantasi,
penasaran, perhatian, minat dan sebagainya juga mempengaruhi intelegensi
seseorang).
2. Kita hanya dapat mengetahui
intelegensi dari tingkah laku atau perbuatannya yang tampak. Intelegensi hanya
dapat kita ketahui dengan cara tidak langsung melalui “kelakuan intelegensinya”.
3. Bagi suatu perbuatan intelegensi
bukan hanya kemapuan yang dibawa sejak lahir saja, yang penting faktor-faktor
lingkungan dan pendidikan pun memegang peranan.
4. Bahwa manusia itu dalam kehidupannya
senantiasa dapat menentukan tujuan-tujuan yang baru, dapat memikirkan dan
menggunakan cara-cara untuk mewujudkan dan mencapai tujuan itu.
·
Ciri-ciri
intelegensi yaitu :
1. Intelegensi merupakan suatu kemampuan
mental yang melibatkan proses berfikir secara rasional (intelegensi dapat
diamati secara langsung).
2. Intelegensi tercermin dari tindakan
yang terarah pada penyesuaian diri terhadap lingkungan dan pemecahan masalah
yang timbul daripadanya. Teori yang cukup banyak dianut adalah bahwa
intelegensi terdiri dari suatu faktor G (General faktor) dengan berbagai
faktor-faktor S (Specifik Faktor). Faktor G bukanlah sekedar penjumlahan dari
faktor-faktor S. Masing-masing merupakan suatu kesatuan yang memiliki kualitas
sendiri.
C.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Intelegensi
a. Pengaruh faktor bawaan
Banyak
penelitian yang menunjukkan bahwa individu-individu yang berasal dari suatu
keluarga, atau bersanak saudara, nilai dalam tes IQ mereka berkolerasi tinggi (
+ 0,50 ), orang yang kembar ( + 0,90 ) yang tidak bersanak saudara ( + 0,20 ),
anak yang diadopsi korelasi dengan orang tua angkatnya ( + 0,10 - + 0,20 ).
23
b. Pengaruh faktor lingkungan
Perkembangan
anak sangat dipengaruhi oleh gizi yang dikonsumsi. Oleh karena itu ada hubungan
antara pemberian makanan bergizi dengan intelegensi seseorang. Pemberian
makanan bergizi ini merupakan salah satu pengaruh lingkungan yang amat penting
selain guru, rangsangan-rangsangan yang bersifat kognitif emosional dari
lingkungan juga memegang peranan yang amat penting, seperti pendidikan, latihan
berbagai keterampilan, dan lain-lain (khususnya pada masa-masa peka).
c.
Stabilitas intelegensi dan IQ
Intelegensi bukanlah IQ. Intelegensi merupakan suatu konsep
umum tentang kemampuan individu, sedang IQ hanyalah hasil dari suatu tes intelegensi
itu (yang notabene hanya mengukur sebagai kelompok dari intelegensi).
Stabilitas inyelegensi tergantung perkembangan organik otak.
d. Pengaruh
faktor kematangan
Tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan
perkembangan. Tiap organ (fisik maupun psikis) dapat dikatakan telah matang
jika ia telah mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya.
e. Pengaruh faktor pembentukan
Pembentukan
ialah segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan
intelegensi.
f. Minat dan pembawaan yang khas
Minat
mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan
itu. Dalam diri manusia terdapat dorongan-dorongan (motif-motif) yang mendorong
manusia untuk berinteraksi dengan dunia luar.
g. Kebebasan
Kebebasan
berarti bahwa manusia itu dapat memilih metode-metode yang tertentu dalam
memecahkan masalah-masalah. Manusia mempunyai kebebasan memilih metode, juga
bebas dalam memilih masalah sesuai dengan kebutuhannya.
24
Semua
faktor tersebut di atas bersangkutan satu sama lain. Untuk menentukan
intelegensi atau tidaknya seorang anak, kita tidak dapat hanya berpedoman
kepada salah satu faktor tersebut, karena intelegensi adalah faktor total.
Keseluruhan pribadi turut serta menentukan dalam perbuatan intelegensi
seseorang.
C.3 Intelegensi dan IQ
IQ
adalah skor yang diperoleh dari sebuah alat tes kecerdasan IQ (Intelegence
Quotient) hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang
dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan.[7] Atau dengan
kata lain, IQ menunjukkan ukuran atau taraf kemampuan intelegensi/kecerdasan
seseorang yang ditentukan berdasarkan hasil test intelegensi. Sehingga istilah
intelegensi tidak dapat disamakan artinya dengan IQ.
Skor
IQ mula-mula diperhitungkan dengan membandingkan umur mental (Mental Age atau
MA) dengan umur kronolog (Chronological Age atau CA), skor ini kemudian
dikalikan 100 dan dipakai sebagai dasar penghitungan IQ.
IQ = MA/CA x 100.
Namun
kemudian timbul permasalahan karena MA akan mengalami stograsi dan penurunan
pada waktu itu, tetapi CA terus bertambah. Masalah ini kemudian diatasi dengan
membandingkan skor seseorang dengan skor orang lain dalam kelompok umur yang
sama. Cara ini disebut “perhitungan IQ berdasarkan norma dalam kelompok (Within
Group Normal) dan hasilnya adalah IQ penyimpangan atau deviation IQ.
C.4 Pengukuran Intelegensi
1.
Tes Binet Simon
2.
Tes Stanford
Binet
3.
Teori
Faktor-faktor G dan S
4.
Teori Multifaktor
5.
Kognisi; proses
kognitif
6. Tes Intelegensi Klasikal
C.5 Validitas dan Reliabilitas Tes
Intelegensi
Test
intelegensi kebanyakan menggunakan prestasi sekolah sebagai promotor atau
kriteria utamanya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tes intelegensi memang
25
mempunyai korelasi yang amat tinggi
dengan prestasi sekolah. Jadi dalam hal ini tes tersebut valid. Pertanyaan
validitas, dan khususnya reliabilitas tes intelegensi menyangkut pada pengaruh
budaya. Bila tes dapat dibuat sama sekali tidak dipengaruhi oleh budaya
(Culture Fair atau Culture Free) maka tes tersebut dapat diharapkan reliabel (dapat
dipakai di mana saja).
C.6 Intelegensi dan Bakat
Kemampuan-kemampuan
yang spesifik memberikan pada individu suatu kondisi yang memungkinkan
tercapainya pengetahuan, kecakapan, atau keterampilan itu setelah melalui suatu
latihan. Inilah yang disebut bakat atau aptitude. Alat yang digunakan untuk
menyingkap kemampuan khusus ini disebut aptitude tes atau tes bakat.
C.7 Intelegensi dan Kreativitas
Kreativitas
merupakan salah satu ciri dari prilaku yang intelegen, karena kretivitas yang
merupakan manifestasi dari suatu proses kognitif, meskipun demikian, hubungan
antara kreativitas dan intelegensi tidak selalu menunjukkan bukti-bukti yang
memuaskan, tetapi lebih tinggi lagi, ternyata tidak ditemukan adanya hubungan
antara IQ dengan tingkat kreativitas.
Di
sini secara garis besar akan diketemukan berbagai konsepsi mengenai intelegensi
itu, yang merupakan jawaban bagi pertanyaan “Apakah Intelegensi itu ?”
Konsepsi-konsepsi
itu pada dasarnya digolongkan menjadi 5 kelompok yaitu :
1. Konsepsi-konsepsi yang bersifat
spekulatif
2. Konsepsi-konsepsi yang bersifat
pragmatis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar